Blog List

Thanos Tidak Jahat?

Tidak lama setelah saya menyaksikan sendiri film Avengers: Infinity War, saya langsung berpikir bahwa, sepertinya Thanos tidak sejahat itu. Maksud saya adalah, kita diperlihatkan dan dibuat mengerti, apa yang melatar belakangi rencana Thanos menghapuskan setengah dari penduduk alam semesta, yaitu karena 'Ledakan Populasi'.

Bagian dimana yang membuat Thanos di Avengers: Infinity War begitu menakutkan sebetulnya adalah rencana 'jahat' dia yang agak masuk akal dan bisa dimengerti, bahwa musuh terbesar di Marvel Cinematic Universe bukanlah Thanos, melainkan ledakan populasi yang cepat atau lambat akan mengarah pada kehancuran dunia. Lewat perspektifnya sendiri, Thanos menjadi pahlawan apabila ia berhasil menghapuskan setengah dari populasi alam semesta. Thanos bukanlah penjahat seperti Ultron atau Steppenwolf yang berniat menghancurkan segalanya. Dia lebih terstruktur, dan menggunakan pendekatan yang logis, dan lebih dari 20.000 orang di dunia nyata ini setuju dengannya mensubscribe ke subreddit /r/thanosdidnothingwrong. Meskipun dalam filosifi moral, mereka mungkin saja tidak sendiri, masih banyak lagi yang mungkin berpendapat sama.

Banyak yang menyebut Thanos sebagai 'penyelamat'. Banyak yang membuat meme tentang Thanos, dan menganggapnya sebagai candaan. Tapi banyak yang setuju bahwa ledakan populasi adalah masalah nyata yang serius. Thanos menganggap penting untuk mengambil solusi proaktif, banyak yang menganggap apa yang dilakukan Thanos adalah genosida, namun ada juga yang berpendapat bahwa itu adalah keyakinan utilitarianisme.

Sebetulnya kalau mencoba mempelajari arti utilitarianisme di Wikipedia, saya sendiri bingung memahami apa yang tertulis di situ. Tapi apabila coba saya sederhanakan, mungkin utilitarianisme adalah keyakinan yang menilai benar salah nya perbuatan adalah lewat seberapa banyak kesedihan atau kebahagiaan yang dihasilkan dari sebuah perbuatan. Jadi mungkin semacam bisa membenarkan sebuah perbuatan yang mungkin oleh kebanyakan orang dianggap jahat, apabila dampak dari apa yang dikorbankan untuk adalah untuk kebaikan yang lebih besar. Tapi tentunya 'kebaikan' yang dimaksud ini bisa jadi sesuatu yang abstrak, karena beda orang bisa beda persepsi dan perspektif.

Banyak yang mungkin berpendapatan bahwa memprediksi berbagai bencana di masa depan dan merencanakan genosida sebagai solusi adalah hal yang jahat. Namun bagi Thanos, yang telah melihat sendiri dunianya hancur karena mengabaikan peringatannya, ini menjadi sebuah misi yang mulia baginya.

Pada pertengahan film Infinity War, Thanos menggunakan Reality Stone untuk menunjukkan kepada Tony Stark, seperti apa planet asalnya sebelum akhirnya hancur. Thanos secara akurat memprediksi bahwa bangsa nya akan hancur karena ledakan populasi, sehingga Thanos berkeliling alam semesta untuk memastikan bahwa bangsa lain tidak harus merasakan penderitaan yang sama.

Infinity War menghabiskan sebagian besar waktu tayangnya mengembangkan cerita tentang Thanos dan membuatnya menjadi karakter yang lebih dikenal. Dia dimanusiakan sedemikian rupa, sampai orang banyak yang bingung apakah dia cukup penting. Dia mendapatkan waktu tayang yang lebih banyak bahkan dari para karakter utama Infinity War, dan penonton jadi lebih banyak menghabiskan waktu bersama Thanos dan semakin mengenalnya. Kamu boleh bilang apapun tentang kejahatannya, tapi faktanya bahwa dia berhasil mendapatkan Soul Stone, menjadi bukti bahwa dia sungguh-sungguh mencintai Gamora.

Pada kubu pro-Thanos, banyak yang menganggap bahwa apa yang dilakukan Thanos dengan membawa Gamora adalah bukti kasih sayang, bukanlah penculikan.

Banyak juga yang beradu argumentasi, terkait dengan ucapan Doctor Strange pada akhir film, tentang 'end game' adalah dengan membiarkan semuanya terjadi adalah satu-satunya cara menyelamatkan alam semesta. Membiarkan semua orang itu meninggal adalah cara tersingkat untuk akhirnya bisa mendapatkan akhir yang bahagia.

Bagaimana menurut kamu? Apakah Thanos tidak jahat?

Rating:
( 0 Rating )

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Newsletter

Subscribe newsletter kami untuk menerima berita terbaru dari Moviewme...